KIREI KLINIK

KIREI KLINIK
Loading...

Kamis, 22 April 2010

VAKSIN KANKER SERVIKS

Seorang wanita meninggal tiap dua menit akibat kanker serviks. Angka kematian mencapai 270.000 kematian setiap tahunnya di dunia. Sekitar 85% kematian akibat kanker seviks terjadi di negara berkembang termasuk Indonesia.

Kanker serviks, atau yang biasa kita kenal dengan kanker leher rahim adalah kanker yang terjadi pada suatu daerah organ intim wanita yang merupakan pintu masuk ke arah rahim yang terletak antara rahim dan vagina. Kanker ini termasuk kanker yang dapat dicegah dan paling dapat disembuhkan dari semua kasus kanker.

Kanker leher rahim adalah kanker penyebab kematian nomer satu di Indonesia. Di Indonesia, setiap tahun, terdapat lebih dari 15.000 kasus kanker serviks baru dan kurang lebih 8.000 kematian. Sedangkan setiap hari sekitar 40–45 kasus baru ditemukan dan 20–25 perempuan meninggal dunia akibat penyakit tersebut. Kanker ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi atau re-infeksi virus HPV (Human Papilloma Virus). Sekali Anda terkena HPV, seumur hidup virus itu akan berada pada tubuh Anda.

Saat ini sudah ada vaksin pencegah HPV, Gardasil, yang mampu mencegah masuknya virus ke dalam tubuh. Gardasil diperuntukkan bagi wanita berusia 9-26 tahun yang belum terkena virus HPV. Gardasil diberikan sebanyak 3 kali, yaitu bulan ke- 0, 6, dan 12. Vaksin ini diperkirakan dapat bertahan untuk jangka waktu 8 tahun dari sejak diberikan. Namun, penelitian masih berjalan, bukan tidak mungkin nantinya vaksin ini cukup diberikan satu kali seumur hidup.

Vaksin yang telah mendapatkan izin resmi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta mengantongi sertifikat Halal dari The Islamic Food and Nutrition Council of America (IFANCA) itu kini telah tersedia di rumah sakit Brawijaya Women & Children Hospital.

Sementara itu, ahli penyakit kandungan dari Brawijaya Women & Children Hospital dr Nugroho Kampono SpOG (K) menjelaskan, untuk membantu menurunkan angka prevalensi kanker serviks, imunisasi menyeluruh bagi perempuan dewasa dan remaja perlu dilakukan. Selain itu ada pendeteksian berkesinambungan terhadap penyakit tersebut.

“Ini adalah langkah maju yang sangat kritis bagi kita untuk terus mengupayakan pengurangan beban kanker serviks dan penyakit-penyakit lain yang terkait dengan HPV,” tutur dr Nugroho Kampono.

Menurut dr Nugroho, saat in terdapat lebih dari 100 tipe HPV4. Sebagian besar virus tersebut relatif tidak berbahaya. Namun terdapat empat tipe HPV yang biasanya menyebabkan masalah, seperti HPV tipe 16 & 18 yang menjadi penyebab utama dari 70% kanker serviks dan tipe 6 & 11 untuk 90% kasus genital warts (kutil di alat kelamin). Pada umumnya infeksi HPV tidak menimbulkan gejala, namun infeksi berkelanjutan dapat menimbulkan masalah seperti sel serviks abnormal, genital warts dan yang paling berbahaya adalah kanker serviks.
Source : Pusat Data & Informasi PERSI

Artikel diatas sengaja gw post ke postingan gw kali ini.. mo ingetin betapa pentingnya bahaya dan pencegahan kanker serviks dikalangan perempuan masa kini. Oleh karena itu selagi masih muda dan masih dalam lingkup usia efektif diimunisasi, gw, adik gw dan my mom (walaupun sudah tidak dalam usia efektif, tapi tidak ada salahnya diimunisasi untuk pencegahan) akan ke RS Brawijaya untuk divaksin dalam waktu dekat ini. Kita terus googling di RS mana saja yang menerima pemberian vaksin ini, ada beberapa nama RS yang kita ketemu dari RSCM (RS Cipto Mangunkusumo), RS Brawijaya, RS Umum Cibubur, RS Family dan kebanyakan RS Ibu dan Anak melayani vaksin ini deh.. begitu kata beberapa kawan di forum perempuan bilang.

Dari sekian banyak pilihan RS, yang kita pilih adalah RS Brawijaya di daerah Kemang sono. Kenapa di RS Brawijaya? Selain kebetulan sepupu baru melahirkan disana dan kita sudah lihat suasana, pelayanan dan kecanggihan di RS tersebut maka kita pastikan akan di vaksin disana deh.. selain di daerah Selatan jg dan daerah elit, kita berharap semua-muanya nda asal-asalan dan meyakinkan. secara seleb dan banyak jg wanita yang sudah ada yang coba vaksin disana, jadi makin manteb lah pilihan kita di RS Brawijaya tsb..

Harga dari vaksin tersebut bervariasi, dari awalnya ada di Indo, harganya memang mahal 1 juta lebih pastinya, ada yang pernah 1,375 juta, ada yang 1,3 juta bahkan ada yang lebih dari segitu untuk sekali vaksin. Tapi sekarang harganya sudah turun menjadi 700rb/vaksin.. jadi semakin meringankan bukan?! perlu diingat kita butuh 3 kali vaksin means 700rb x 3 = 2,1 juta untuk imunisasi ini. investasi yang tak seberapa dibandingkan dengan dampaknya jika amit-amit terkena kanker ini... *pait pait pait....*

Kita jg sudah cari tahu ttg Kanker Serviks dan apakah ada efek samping dari vaksin tsb, berikut yang kita dapatkan.
Apakah vaksinasi kanker serviks ini memiliki efek samping?
Vaksin ini telah diujikan pada ribuan perempuan di seluruh dunia. Hasilnya tidak menunjukkan adanya efek samping yang berbahaya. Efek samping yang paling sering dikeluhkan adalah demam dan kemerahan, nyeri, dan bengkak di tempat suntikan. Efek samping yang sering ditemui lainnya adalah berdarah dan gatal di tempat suntikan. Vaksin ini sendiri tidak dianjurkan untuk perempuan hamil. Namun, ibu menyusui boleh menerima vaksin ini.
Source : Artikel kanker serviks

Selasa, 23 Maret 2010

Perawatan Kulit, Wajah, Tubuh


Tips-Tips Penyembuhan dan Cara Menghilangkan Bekas Jerawat. Jerawat merupakan masalah yang di hadapi sebagian besar anak muda sekarang. Jerawat biasanya timbul di muka yang berminyak dan kurangnya perawatan terhadap kulit wajah. Lebih - lebih bila jarawat sampe menimbulkan bekas yang membuat anda kurang percaya diri bila bertemu dengan teman-teman atau rekan kerja. Di bawah ini akan dibahas mengenai bagaimana tips agar terhindar dari musuh para remaja. Nah bagi kamu-kamu yang pingin kulit wajahnya halus tanpa ada jerawat atau bekas jerawat tongkrongin perjelasan di bawah ini Ok :

Secara umumnya wanita harus menjaga kulitnya dari berbagai gangguan. Tindakan yang patut dilakukan adalah berikut ini:

1. Cuci tangan yang bersih sebelum menyentuh wajah Anda

2. Lakukan cleansing kulit wajah pada pagi dan malam hari: Perlu dilakukan di malam hari – meski Anda tidak ber-makeup, karena wajah mudah dinodai oleh polusi. Perlu pula dilakukan pada pagi hari, karena kulit Anda mengeluarkan lemak dan kotoran pada malam hari

3. Di malam hari, luangkan waktu untuk memijat kulit untuk menstimulasi sirkulasi pertukaran sel-sel pada kulit. Pijatan lembut selama dua menit bisa menghilangkan keletihan, menyantaikan wajah dan memberi kecerahan kulit.

4. Banyaklah minum air putih.

Untuk kulit kering:

• Berilah kesenangan setiap saat.

• Ubah jenis produk perawatan kulit sesuai musim, iklim, dan gaya hidup Anda: lingkungan ber-AC, kehidupan di alam terbuka

• Mulailah menggunakan produk perawatan anti-ageing, segera setelah pertanda penuaan muncul. Hal ini kerap terjadi lebih cepat untuk jenis kulit Anda (utamanya di area sekitar mata)

• Hindari mandi dengan air panas, ada baiknya memakai bath oil

Untuk kulit sensitif:

• Hangatkan dulu produk perawatan di genggaman tangan sebelum Anda memakainya. Lakukan perawatan kulit tanpa menggosok

• Sebaiknya gunakan jari jemari daripada katun wol, kain atau tisu.

• Gunakan penyemprot air, jangan membasuh melalui keran air.

Untuk kulit separuh baya:

• Pilihlah produk perawatan kulit anti-ageing tergantung pada kondisi kulit, kebutuhan dan musim.

• Leher, mata, dan tangan Anda bisa mengurangi keindahan penampilan, jadi imbali mereka dengan perhatian yang sangat spesial.

• Di setiap pagi yang menyulitkan, janganlah ragu buat menggunakan produk kecantikan yang sesuai, yang bisa melembutkan permukaan kulit.

• Sering terkena sinar matahari langsung, bisa menyebabkan keriput dan noda di kulit.

Untuk kulit berminyak

• Lindungi dirimu dari sinar matahari langsung, dan penimbunan lemak di kulit wajah

• Jangan mengeluarkan jerawat dan beruntusan di wajah secara swalayan

• Lakukan perawatan peeling pada wajah sekali hingga tiga kali seminggu.

Tips Kecantikan Dalaman

1. Minum banyak air...minum..minum dan minum! Bukan air coke atau air berperisa seperti kopi dan teh tapi air suam atau air mineral! Dengan minum banyak air bersih dapat membantu membuang toksin dalam badan,menjaga kesihatan kulit dan juga membantu membakar kalori dalam badan. Senang bukan?.

2. Bersenam ! Baik utk kesihatan..elok utk rohani! Berjalan di sekitar rumah pun satu bentuk senaman yg mudah! Jgn malas utk bersenam...lepas bangkit tidur, cuba lakukan sedikit senaman regangan utk melancarkan kembali peredaran darah.

3. Jangan merokok. Merokok merosakkan kulit dan juga menjejaskan kesihatan. Semua orang tahu tu..jadi kenapa nak merokok??Nak kuruskan badan?? Kurus sebab merokok hanya kerana badan kita dah berpenyakit, jadi kuruslah! Jika org memilih antara sihat dan berpenyakit..pasti org lebih nak sihat, kan??

4. Tidur yg cukup...Jgn asyik berjaga waktu malam...tak elok tu. Waktu malam kan dikhaskan utk tidur?Tak cukup tidur akan membuat anda kelihatan lebih tua dan mata lebam.

5. Pada waktu tertentu, benarkan kulit anda berehat dari memakai sebarang mekap. Kulit juga perlu bernafas! Jgn biarkan sisa2 mekap melekat di muka ketika masuk tidur. Rajin-rajinlah cuci muka. Kat rumah..tak payahlah sapu itu ini...cukuplah dgn wajah yg bersih

6. Makan yg cukup tapi bukan berlebihan. Jgn sebab nak kurus, anda rela berlapar setiap hari.Cara yg baik, makan ketika lapar dan berhenti sebelum kenyang. Makanan memberikan tenaga dan vitamin yg diperlukan badan tetapi jeling-jelinglah makanan anda. Pastikan ia menu sihat dan bukan penuh lemak atau junk food dan fast food semata-mata.

7. Luangkan masa utk memanjakan diri seperti membuat facial atau mencuci rambut di salun, sauna dan spa atau nikmati saja mandian buih di rumah! Tak semestinya di salun..anda juga boleh memanjakan diri dengan melakukan sendiri di rumah.Jika rajin..cari pelbagai jenis bunga yg wangi dan lakukan sendiri mandian bunga. Bunga dikatakan mempunyai energi tersendiri utk mencantikkan tubuh badan.

8. Elakkan stress. Stress mempercepatkan proses penuaan. Nikmatilah muzik lembut di kamar bagi meredakan ketegangan.

9. Don't worry, be happy. Anggap diri anda hebat dan cantik, pasti anda akan kelihatan hebat!! Jika kita yakin dengan diri kita, tentu penampilan kita pun cantik!

10.Ketawa penghibur duka! Jadi ketawalah apabila bergurau senda dgn famili atau kawan2.Jangan memoyokkan diri atau menarik muka masam. Anda hanya menambahkan kedutan di muka.

Jumat, 12 Maret 2010

Metode Khitan, sirkumsisi, circumcision


Sirkumsisi (circumcision) /khitan, khattan atu sunat ini dapat dilakukan dengan cara tradisional dan medis, di dalam dunia kedokteran, ada beberapa langkah yang dilakukan ketika melakukan sunat:

Pertama-tama mengiris kulit di bagian punggung penis (dorsumsisi). Ini dilakukan untuk mengeluarkan ujung bagian dalam penis. Kedua, mengiris kulit kulup yang mengelilingi penis (sirkumsisi). Dengan begitu, penis jadi terbuka. Setelah itu menjahit luka irisan tersebut agar penyembuhannya berlangsung cepat dan tidak timbul komplikasi.

Selain cara klasik di atas, masih ada banyak cara untuk menyunat. Di antaranya adalah:

Cara kuno

Dengan menggunakan sebilah bambu tajam. Para bong supit alias mantri sunat langsung memotong kulup dengan bambu tajam tersebut. Namun cara ini mengandung risiko terjadinya perdarahan dan infeksi, bila tidak dilakukan dengan steril.

Metode cincin

Dicetuskan oleh oleh dr. Sofin, lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, dan sudah dipatenkan sejak tahun 2001.

Pada metode ini, ujung kulup dilebarkan, lalu ditahan agar tetap meregang dengan cara memasang semacam cincin dari karet. Biasanya, ujung kulup akan menghitam dan terlepas dengan sendirinya. Prosesnya cukup singkat sekitar 3-5 menit.

Metode mangkuk.

Metode ini lebih cocok dilakukan untuk balita atau anak yang memiliki pembuluh darah pada kulup lebih kecil dari ukuran normal.

Metode lonceng.

Di sini, tidak dilakukan pemotongan kulup. Ujung penis hanya diikat erat sehingga bentuknya mirip lonceng. Setelah itu, jaringan akan mati dan terlepas dengan sendirinya dari jaringan sehat. Hanya saja metode ini waktu yang cukup lama, sekitar dua minggu. Alatnya diproduksi di beberapa negara Eropa, Amerika, dan Asia dengan nama Circumcision Cord Device.

Dengan laser CO2.

Fasilitas Laser CO2 sudah tersedia di Indonesia. Salah satunya, di Jakarta. Laser yang digunakan adalah laser CO2 Suretouch dari Sharplan. Berikut tahapan sunat dengan laser tersebut:

setelah disuntik kebal (anaestesi lokal), preputium ditarik, dan dijepit dengan klem. Laser CO2 digunakan untuk memotong kulit yang berlebih.Setelah klem dilepas,kulit telah terpotong dan tersambung dengan baik, tanpa setetes darahpun keluar. Walaupun demikian kulit harus tetap dijahit supaya penyembuhan sempurna. Dalam 10-15 menit, sunat selesai. Cara sirkumsisi seperti ini cocok untuk anak pra-pubertal, namun kurang cocok untuk dibawa-bawa kelapangan misalkan pada khitan masal, karena disamping alat ini mahal dan berat dalam pengoperasiannya mutlak memerlukan jaringan listrik.

Khitan metode Flashcutter

Metode ini mirip metode laser. Bedanya terletak pada pisaunya yang terbuat dari benang logam yang lurus (kencang) dan tajam. Bila laser mempergunakan sinar untuk mendapatkan energi panas, pada flashcutter dimunculkan oleh mata pisaunya itu sendiri. Jika laser membutuhkan energi listrik dari PLN untuk menghidupkan generatornya, Namun Flashcutter langsung dapat hidup (tanpa PLN) karena didalamnya sedah terdapat energi dari rechargeable battery buatan Matshusita Jepang yang cukup handal. Jika dibandingkan dengan laser harganya jauh lebih ekonomis, namun untuk khitan hasilnya dapat dikatakan tidak ada perbedaan berarti.

Flashcutter pertamakali diluncurkan di Indonesaia th2006 oleh Uniceff Corporation. Cara pemotongan pada khitan (circumcision) sama seperti mempergunakan pisau (digesek, diiris). Dalam hitungan detik preputium terpotong dengan sempurna, (tanpa pendarahan, dan dengan luka bakar sangat minimal). Dalam metode ini biasanya pasien dalam kondisi normal dapat sembuh antara 3 sampai 5 hari saja. ( Baca juga “Cara Khitan Dengan Flashcutter” )

Khitan metode Electrocautery

Metode pemotongan dengan solder panas ini sempat booming beberapa tahun belakangan ini, masyarakat awam menyebutnya khitan laser. Metode pemotongan elektrokauter inipun mutlak membutuhkan energi listrik (PLN) sebagai sumber dayanya. Namun belakangan ini metode elektrokauter ini banyak mendapat sorotan karena :

- Dapat menimbulkan luka bakar yang cukup serius.

- Tidak praktis karena mutlak membutuhkan jaringan listrik (PLN)

- Jika ada kebocoran (kerusakan) alat, dapat terjadi sengatan listrik yang sangat berbahaya bagi pasien maupun operator.

Pain Akupuntur ( Akupuntur Nyeri )


Sejak tahun 1958 penggunaan akupunktur telah berkembang demikian rupa sehingga dapat digunakan untuk menanggulangi nyeri masa-bedah dan pasca-bedah. Keberhasilan akupunktur sebagai analgesi dalam pembedahan merangsang para peneliti, baik dari Timur maupun Barat, untuk mencoba menerangkan fenomena-fenomena akupunktur. Sekarang penggunaan akupunktur telah meluas ke seluruh dunia, walaupun masih jauh dari apa yang diharapkan. Maksud penulisan ini agar ilmu akupunktur dapat lebih dikenal, untuk kemudian digunakan sebagai salah satu cara pengobatan. Khususnya dalam penanggulangan masalah nyeri, yang ternyata belum dapat dipecahkan seluruhnya dengan cara-cara terapi yang biasa digunakan selama ini.

Nyeri menurut Akupunktur Nyeri merupakan salah satu tanda adanya gangguan sirkulasi enersi vital, yang dapat terjadi karena banyak faktor. Secara garis besar gangguan enersi vital dapat terletak :

(a) Hanya pada meridian saja

(b) Hanya pada organ dalam saja

(c) Pada meridian dan organ

Gangguan sirkulasi dapat bersifat ekses atau defisiensi

Penanggulangan Nyeri menurut llmu Akupunktur Penanggulangan dilakukan secara kausal dan simtomatik. Terapi simtomatik saja harus dihindari, karena hilangnya nyeri dapat menyamarkan sumber bahaya yang sesungguhnya,yang kadang-kadang dapat berakib at fatal.

1. Pemilihan titik akupunktur

(a) Untuk terapi kausal dipilih titik-titik yang mempunyai pengaruh khusus pada organ/meridian yang bersangkutan.

(b) Untuk terapi simtomatik dipilih titik-titik “Yes Point” (“Ahse point” ), yaitu titik-titik dimana nyeri terakumulasi. Terapi simtomatik juga dilakukan terhadap gejala- gejala yang mungkin timbul karena gangguan organ/meridian, menurut teori fenomena organ yang dikenal dalam ilmu akupunktur. Untuk ini dipilih titik-titik yang sesuai dengan gejala yang timbul.

2. Metode stimulasi

(a) Sedasi (” sie” ).— Dilakukan pada gangguan yang bersifat ekses

(b) Tonifikasi (“pu” ). — Dilakukan pada gangguan yang bersifat defisiensi

Untuk mendapatkan hasil terapi yang optimal, stimulasi titik akupunktur dilakukan hingga mencapai sensasi penjaruman (“te ci”). Sensasi penjaruman adalah timbulnya perasaan baal, berat, linu, yang dapat menjalar ke distal atau proksimal pada waktu penusukan jarum tepat pada titik akupunktur.

3. Jenis-jenis stimulasi

(a) stimulasi manual, stimulasi dilakukan dengan penusukan, pencabutan dan pemutaran jarum yang dilakukan dengan tangan.

(b) stimulasi listrik, dilakukan dengan menghubungkan jarum akupunktur dengan stimulator listrik.

(c) stimulasi dengan akuapunktur, dilakukan penyuntikan titik akupunktur dengan cairan (akuades, NaCl, vitamin, prokain, dll).

(d) stimulasi dengan moksibusi, dilakukan dengan memanasi titik akupunktur dengan ramuan daun Artemesia vulgaris yang dibakar.

(e) stimulasi dengan akupressure, yaitu penekanan titik akupunktur dengan jari.

(f) stimulasi dengan ultrasound, laser, dll.

4. Jumlah dan Frekuensi terapi

Jumlah dan frekuensi terapi tergantung dari jenis serta berat ringannya nyeri.

(a) Pada nyeri akut : 1 sampai 3 kali sehari sampai nyeri hilang

(b) Pada nyeri kronis : 1 sampai 2 atau 3 kali seminggu, sejumlah 10 sampai 20 kali.

5. Lama stimulasi

Lama stimulasi tergantung dari jenis dan metode stimulasi yang digunakan. Murphy TM & Bonica JJ untuk stimulasi manual memerlukan waktu 10 – 15 menit (4).

Indikasi Indikasi penanggulangan nyeri dengan akupunktur adalah nyeri yang bersifat fisiologik (5-7). Pada nyeri yang timbul karena kelainan organik, walaupun akupunktur dapat memberi perbaikan, umumnya perbaikan itu bersifat sementara.

Indikasi-kontra Kehamilan, akupunktur pada daerah tumor, infeksi kulit, adanya alat pacu jantung (8).

Hasil-hasil Hasil akupunktur sebagai penanggulang nyeri telah dibuktikan dengan penelitian baik di Timur maupun di Barat, diantara- nya :

• Alabama Medical School Pain Clinic, melakukan penelitian pada 300 kasus yang menderita nyeri mulai dari 1 – 30 tahun. Didapat angka keberhasilan 55%. (9)

• Indiana University Medical School, melakukan penelitian pada kasus-kasus lumbago, mendapatkan angka 65%. (9)

• Li Tu Wang di Taipei pada 305 kasus mendapatkan keber- hasilan 90%. (10)

• Hyodo M, melakukan penelitian di Pain Clinic, Osaka, Jepang, pada 10.000 kasus nyeri kronis yang tidak menunjukkan hasil dengan terapi biasa (obat oral,iv, fisioterapi, ope- rasi). Didapat hasil penyembuhan 90% pada sakit tengkuk, 43% untuk lumbago, 52% untuk cephalgia. Dan pada percobaan perbandingan antara akupunktur dan blok syaraf didapat bahwa hasil akupunktur lebih baik untuk kasus-kasus sakit tengkuk, cephalgia, nyeri sebagai gejala sisa trauma capitis, atypical fascial neuralgia, kaku bahu, neck shoulder hand syndrome, spasme fascialis, traumatic cervical syndrome, dan sakit pada seluruh tubuh karena berbagai sebab.

MEKANISME KERJA AKUPUNKTUR

Kriteria penting untuk mendapatkan hasil terapi akupunktur yang optimal adalah tercapainya sensasi penjaruman. Dikatakan bahwa sensasi ini akan menimbulkan impuls sensoris spesifik ke otak. Nyeri yang timbul dan impuls spesifik tersebut saling bersaing pada sistem proyeksi non-spesifik. Bila impuls spesifik dari penjaruman dapat menyaingi impuls nyeri, nyeri akan dihambat dan tidak dapat dirasakan. Konduksi impuls penjaruman itu dihipotesiskan melalui :

1. Sistem syaraf somatis ; sehubungan dengan ini dipikirkan bahwa mekanisme kerja akupunktur dalam penanggulangan nyeri berkaitan dengan hipotesis “Gate Control”, teori Reflexoterapi, dll.

2. Sistem syaraf otonom ; berkaitan dengan ini timbul teori susunan syaraf otonom, dll. Disamping hal tersebut diatas, diamati pula bahwa untuk mendapatkan efek penanggulang nyeri dengan akupunktur, diperlukan waktu tertentu. Hal ini dikaitkan dengan waktu yang diperlukan untuk memproduksi suatu substansi penghilang nyeri neurohumoral, karenanya timbul teori endorphin, dll.

Selain teori-teori diatas, masih banyak teori/hipotesis lain.

Teori “Gate Control” dan “Two Gate Control”

Teori ini pertama kali dikemukakan oleh Melzack & Wall pada tahun 1965 (12). Menurut teori ini pada cornu dorsalis medula spinalis terdapat mekanisme neural, yang berfungsi sebagai gerbang, yang dapat mengatur rangsang dari syaraf perifer ke SSP. Secara anatomis, gerbang tersebut terletak di substansia gelatinosa. Hantaran rangsang syaraf dari serabut aferen perifer, ke sel Transmisi medula spinalis, diatur oleh mekanisme “gate control” di cornu dorsalis. Mekanisme ini dipengaruhi oleh jumlah relatif serabut besar dan serabut kecil. Serabut berdiameter besar ( Aβ ), bermyelin, berdaya konduksi cepat, menghantar rangsang bukan nyeri (raba, tekan). Serabut berdiameter kecil (serabut bermyelin C & serabut), berdaya konduksi lambat, menghantar rangsang nyeri. Aktifitas serabut besar cenderung menghambat transmisi (menutup gerbang), sedang aktifitas serabut kecil cenderung memudahkan transmisi. Bila perangsangan pada sel Transmisi mencapai ambang kritis, terjadi nyeri pada daerah persyarafan yang bersangkutan, disertai pola dan pengalaman karakteristik dari nyeri tsb. Mekanisme “gate control” ini juga dipengaruhi impuls yang desendens dari SSP. Secara singkat dikatakan bahwa perangsangan serabut besar ( Aβ ) yang berdaya konduksi cepat, seperti perangsangan titik akupunktur, akan menimbulkan impuls bukan nyeri. Ini menghambat impuls nyeri yang timbul karena perangsangan serabut kecil pada substansia gelatinosa medeula spinalis. Karenanya gerbang menutup dan nyeri tidak dapat dirasakan. Teori ini mempunyai kelemahan, yaitu tidak dapat menerangkan efek akupunktur pada daerah yang tidak dipersyarafi oleh nervi spinalis, misalnya pada daerah muka dan kepala, karena substansia gelatinosa berakhir di medula spinalis. Untuk itu Man & Chen, tahun 1972, mengemukakan teori “two gate control”, yang merupakan pengembangan dari teori “gate control” . Dihipotesiskan bahwa ada lagi gerbang, yang disebut gerbang utama, yang terletak di thalamus. Jadi bila dilakukan akupunktur pada daerah yang dipersyarafi oleh nervi cranialis, impuls bukan nyeri tersebut akan langsung menuju gerbang utama di thalamus, yang akan menghambat nyeri dari seluruh bagian tubuh, tanpa perlu menutup gerbang pertama di substansia gelatinosa. Juga dikatakan bahwa formatio reticularis mempunyai peranan yang unik dan ikut ambil bagian dalam inhibisi nyeri ini. Banyak penelitian yang dilakukan untuk membuktikan hu- bungan antara teori ini dengan efek akupunktur. Pada pemeriksaan mikroskopik sediaan yang diwarnai, dari titik akupunktur dan non-akupunktur, untuk serabut bermyelin dan tidak, didapati bahwa pada titik akupunktur serabut bermyelin 3 kali lebih banyak, sedang pada titik non-akupunktur hampir sama banyak.

Teori Susunan Syaraf Otonom Tirgoviste CI, 1969, menyimpulkan bahwa titik akupunktur adalah daerah konsentrasi syaraf-syaraf otonom yang mempunyai hubungan dengan organ-dalam tertentu (16). Karena itu perangsangan daerah ini akan memberi perubahan pada fungsi organ-dalam yang berhubungan dengannya. Juga perangsangan titik yang banyak mengandung reseptor otonom ini akan memulai suatu seri refleks otonom mumi dengan aferen, eferen dan sentrum otonom. Juga telah diketahui bahwa SSO terlibat dalam proses generasi dan persepsi nyeri pada tubuh manusia, sebagaimana terbukti pada penderita dystrophia sympatik & causalgia, yang mendapat kesembuhan setelah simpatektomi. Chou L & Chen Y, melakukan pengamatan pada PGE plasma dalam hubungannya dengan pengendalian nyeri akupunktur. PGE merupakan regulator humoral yang penting untuk SSG. PGE mengurangi pelepasan neurotransmitter adrenergik, juga mempunyai efek sedatif, penenang dan analgesi. Mereka mendapati adanya hubungan bermakna antara efek akupunktur sebagai pengendali nyeri dan peninggian PGE plasma. Disimpulkan bahwa PGE ikut berperan serta dalam mengendalikan nyeri dengan akupunktur. PGE meregulasi aktifitas susunan syaraf simpatik, sehingga membantu menanggulangi nyeri, serta mengatasi gangguan fisiologik yang timbul. Juga diduga akupunktur merangsang biosintesis prostaglandin di SSP, dan ini akan meninggikan efek analgesi.

Teori Endorphin Teori ini diajukan untuk pertama kali pada tahun 1974 oleh Mayer & Liebeskind dkk. Mereka mengajukan hipotesis, bahwa stimulasi listrik dapat merangsang pelepasan suatu substansi yang mirip morphin (19). Substansi ini dapat menimbulkan efek analgesi yang sebanding dengan yang ditimbulkan morphin dalam dosis 10-50 mg/kg BB. Teori ini timbul berdasarkan sifat khas akupunktur yang memerlukan waktu untuk menanggulangi nyeri (4). Juga karena penjaruman titik akupunktur di suatu tempat dapat menanggulangi nyeri di tempat yang jauh darinya (20). Yang MMP dkk. mengadakan percobaan sirkulasi bersilang pada 2 kelinci donor dan resipien (20). Donor diakupunktur, resipien tidak. Didapat peninggian ambang nyeri pada keduanya. Peninggian ini menghilang bila sebelum akupunktur diberikan naloxone. Disimpulkan bahwa peninggian ambang nyeri pada kelinci resipien disebabkan oleh faktor humoral, yang sangat mungkin adalah suatu substansi endogen yang mirip morphin. Pada percobaan lain, disuntikan liquor cerebrospinalis atau ekstrak serum dari kelinci yang diakupunktur, pada kelinci yang tidak diakupunktur ; didapat peninggian ambang nyeri ; yang juga dapat dihambat oleh naloxone. Mereka mengajukan hipotesis tentang mekanisme kerjapati rasa alamiah ini. Bahwa endorphin dan enkephalin, bila disekresikan sebagai respons terhadap nyeri, terikat pada reseptor opiat, yang terletak pada daerah periaquaductus substansia kelabu, mengaktifkan suatu jalur inhibisi nyeri desendens, melalui nukleus Raphe Magnus, dan mempengaruhi transmisi dan pengaturan nyeri, yang berlokasi di lamina 1,2 dan 5 medula spinalis (20,21). Zhong YL menyimpulkan bahwa dengan merangsang titik akupunktur terjadi rangsang proprioceptive, yang ditransmisi melalui serabut besar ke formatio reticularis, thalamus dan sistem limbik. Di sini akan terjadipelepasan endorphin, yang akan menghambat transmisi nyeri. Sementara itu pada sistem limbik yang berperan penting dalam emosi, terjadi pengalihan aspek emosi dari pada nyeri sehingga terjadi anxiolitik dan euphoria bermyelin

Selain teori/hipotesis diatas, masih banyak teori/hipotesis lain, misalnya teori biolistrik, teori reflexo therapeutical (Head), teori sistem syaraf sentral, teori neurohumoral, dll.

Indikasi penggunaan Akupunktur sebagai penanggulang nyeri diluar Cina .

Penggunaan akupunktur sebagai penanggulang nyeri di luar Cina terbatas pada jenis nyeri yang telah dapat dibuktikan berhasil pada penelitian ditempat yang bersangkutan. Karena itu indikasi penggunaannya bervariasi : nyeri yang bersifat fisiologis, misalnya “tension headache”, neuralgia esensial, dll.

• penderita yang harus makan obat-obat analgetika terus menerus/ dalam dosis besar.

• nyeri kronis yang telah resisten dengan metode penanggulang nyeri lain.

• nyeri yang tidak berfungsi sebagai signal adanya gangguan organ tubuh, misalnya pada neuritis post herpeticum. Pada nyeri dimana sumber kelainan tidak dapat disembuhkan, misalnya rheumatoid artritis lanjut. Simtomatis untuk melengkapi terapi lain . Dalam rangka pemerataan pelayanan kesehatan keseluruh pelosok tanah air, dimana komunikasi relatif masih sulit, obat-obat relatif mahal & belum mencukupi, akupunktur akan banyak manfaatnya, terutama karena praktis, ekonomis, dapat digunakan pada kasus yang allergi dengan obat-obatan, kasus-kasus dimana obat-obat analgetika tidak dapat diberikan/pemberian obat mempunyai resiko besar dll.

Rabu, 10 Maret 2010

Jenis-jenis Kawat Gigi Pilihan Anda


Apakah gigi kawat gigi itu?
Kawat gigi atau behel gigi adalah jenis orthodonsi dan seorang dokter gigi merekomendasikan Anda dengan kawat gigi sebagai bagian dari pengobatan untuk mengoreksi kelainan gigi dan rahang. Braces adalah perangkat kecil yang dapat muat ke gigi dengan mudah dan ini ditujukan untuk menarik gigi atau rahang menuju arah yang diinginkan, yang berarti mereka dimaksudkan untuk mengoreksi ketidaksempurnaan gigi dan / atau rahang. Ada beberapa gigi kawat gigi dianjurkan dan digunakan untuk memperbaiki gigi dan / atau posisi rahang. 2 jenis kawat gigi populer yang digunakan adalah Damon braces dan kawat gigi keramik.

Damon Brackets: Ini adalah kemajuan modern di bidang orthodonsi. Nama ini setelah penemu, dokter gigi Damon Dwight. Kurung ini menggunakan pintu geser-teknologi yang membantu dalam apa yang disebut sebagai ligasi diri. Bracker kawat yang memungkinkan untuk meluncur dalam bracket, untuk mengurangi gesekan serta meningkatkan kenyamanan bagi pengguna. Ini dipuji kurung adalah untuk mengurangi waktu perawatan untuk Orthodontic koreksi.

Keramik Bracket atau kawat gigi keramik: Ini adalah lebih untuk estetika-pasien sadar, karena ini tidak dapat melihat karena fakta bahwa mereka transparan atau tembus cahaya, dan kompatibel dengan warna alami gigi. Hal ini memberikan pandangan bukan logam saat Anda masih menggunakan kawat gigi. Kawat gigi keramik dirancang begitu dengan teknologi yang mereka tidak berubah warna dengan waktu dan penggunaan juga.

Metal Braces: Ini adalah jenis yang paling umum digunakan dan kawat gigi yang sangat ecomical pilihan untuk mendapatkan posisi gigi dan rahang kanan.

Clear Braces: Ini adalah orang-orang Orthodontic bracket gigi yang terbuat dari safir murni; monocrystalline di alam. Itu berarti ini hampir sama transparan seperti air. Tetapi untuk lengkungan kawat tidak ada yang terlihat atau dapat dideteksi. Invisalign adalah salah satu jenis kawat gigi jelas. Yang kawat gigi yang dipatenkan dan mereka berarti invisble aligners dan tidak memperhatikan sama sekali.

Orthodontic Retainers: Ini adalah Orthodontic peralatan yang terbuat dari plastik dan kawat stainless steel digunakan untuk menyimpan seseorang gigi di tempat setelah kawat gigi dibuang. Para pengikut Orthodontic akan mengadakan gigi dalam posisi yang dicapai dengan bracing. Namun, waktu dari usgae pengikut tergantung pada individu untuk individu dan itu adalah dokter gigi untuk menentukan bahwa, bagaimanapun, biasanya remaja dianjurkan untuk mempertahankan pengikut-pengikut mereka sampai mereka menyeberangi remaja mereka.

Senin, 08 Maret 2010

Perawatan Behel



Penggunaan awal behel

Banyak yang bilang Pasang behel bisa bikin kurus, males makan, sering sariawan.

Sebenarnya penderitaanya cuma 2 minggu pertama kok krn mulut ga terbiasa dengan benda asing di gigi kita, jadi bisa timbul sariawan. Tapi bisa disiasati dengan wax ortho (berupa lilin untuk menutupi bagian yang tajam).

Saat sariawan juga harus siap obat sariawan seperti albothyl atau kenalog dipakai malam hari. Tapi saat ini sudah ada kok tekhnologi merapikan gigi terbaru yang tidak bikin sariawan, seperti pake behel biasa yaitu Invisalign.

Untuk masalah males makan itu karena pada saat gigi ditarik pasti rasanya ngilu2 kalo gigit sesuatu, terutama di awal2 kontrol. Tapi setelah beberapa hari pasti udah ga lagi, apalagi makanannya enak lupa deh kalo pake behel hihihi…

Biar Behel kita awet hindari makanan yang keras-keras seperti kacang ,wortel mentah, batu, kayu loh loh salah ya hehehe.. Kalo makan juga sebaiknya dipotong terlebih dahulu, jangan memotongnya pake gigi kita soalnya behel kita bisa lepas sebelum waktunya.

Kenapa sih repot amat yah, secara behel ga bisa dipakai lagi kalo uda dicopot karena uda ada lemnya, jadi harus diganti baru. Kadang ada dokter yang baik yang ga mencharge biaya tambahan dengan copotnya behel, tapi ada juga yang mencharge biaya lumayan.. … (2008-06-06) Heii ada berita bagus nich, kemarin ngobrol dengan Drg ku , ternyata behel bisa dilepas dan dipasang lagi kok asal behelnya tidak rusak/ bengkok ( coba perhatiin deh, ada 4 behel yang punya sayap :) kaya burung aja, punya sayap hihi ). Pernah ada pasiennya mau menikah, jadi behelnya dicopot dulu… udah selesai pestanya dipasang lagi deh.. Syukurlah jadi kita ga perlu khawatir yah, kalo sewaktu-waktu behelnya perlu dilepas.. Biasanya dokter pakai alat untuk membakar lem yang ada di behel, secara behel tahan panas jadi ga rusak.. Setelah lemnya lepas dipakai lagi deh… :)

Sikat Gigi Khusus & Pasta Gigi

Sikat gigi yang dipakai khusus untuk orthodontik bentuknya kecil dan bulu sikatnya halus…

Selain itu ada sikat tambahan untuk sela2 gigi, karena orang yang pake behel biasanya terbentuknya karang gigi menjadi lebih cepat.

Disarankan juga pakai dental floss jika perlu.

Untuk pasta gigi yang dipakai sebaiknya yang mengandung Baking Soda dan Perlindungan ekstra terhadap gigi berlubang . Pokoknya pilih yang komplit deh biar lebih bersih, ga cepet bolong, dan ga ada karang gigi lagi…

Kenapa harga behel mahal?

Behel yang kita pakai itu mengandung stainless steel dikombinasikan dengan nickel titanium http://en.wikipedia.org/wiki/Dental_braces .Yang jelas logam ini tahan panas, tahan dingin, tahan karat. Selain itu barang-barangnya masih diimport, bikin hrgnya jadi melambung. Macem-macemnya Time brackets dari American Orthodontics, SmartClipTM Brackets dari 3M Unitek, SPEED, atau Damon brackets.

Cantik dengan Behel


MENJAGA penampilan gigi agar senantiasa rapi bagi kaum Hawa maupun pria dapat diatasi dengan mengenakan behel. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan bagi mereka yang tata letak giginya sudah bagus untuk mengenakan behel atau braces (kawat gigi).

Menurut Drg. Erni R. Kaligis, orthodontik merupakan ilmu yang identik dengan perawatan kawat gigi atau behel. Banyak alasan yang membuat mereka memutuskan untuk memasang behel. Mulai dari masalah karena gigi maju atau bertumpuk, tapi ada juga yang memakai behel hanya sebagai tren saja.

"Biasanya pasien memasang behel karena memiliki kondisi gigi maju (prostutif) atau crowding (bertumpuk). Ada juga kasus yang giginya telah rapi, tapi tetap mengenakan behel karena kurang Pede (percaya diri)," tutur Erni ketika dihubungi okezone melalui telepon genggamnya, Sabtu (15/3/2008).

Menurutnya, ada beberapa keuntungan mengenakan behel, yaitu gigi rapi sehingga paras menjadi lebih enak dilihat. Gigi rapi bisa menghindari tidak terjangkaunya sela-sela gigi pada saat menyikat gigi, gigi lebih bersih dan bisa merubah rahang yang asimetris akibat kecelakaan.

Meski behel dapat membantu seseorang untuk selalu tampil lebih percaya diri dan sehat, namun untuk memasangnya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Menurut Erni, harga yang dipatok untuk masing-masing klinik bervariasi.

"Biaya untuk memasang behel itu bervariasi tergantung dari wilayah. Kalau di daerah Jakarta Pusat yang ditangani oleh dokter orthodontic khusus bisa sekira Rp 20 juta. Lain halnya dengan wilayah Jakarta Timur, memasang behel bisa dipatok Rp 10 juta. Sementara untuk daerah pinggiran, harganya lebih murah lagi. Namun tergantung dari masing-masing klinik," jelas almamater Universitas Trisakti yang membuka kliniknya di kawasan Jakarta Timur itu.

Setelah behel terpasang, lanjut wanita yang hobi melukis itu, ada perawatan yang per bulannya harus dilakukan oleh pasien. Hal ini dilakukan guna merawat dan menjaga penampilan behel agar senantiasa bekerja aktif. "Untuk perawatan behel juga bervariasi, mulai dari Rp 75 ribu (harga standar) sampai 500 ribu per satu kali kunjungan," papar wanita yang sering mengajar matematika untuk anak SMA itu.

Masih menurutnya, lama perawatan tergantung ringan atau berat kasus, bisa sekira satu tahun, bahkan lebih. Dengan catatan pasien rajin melakukan kunjungan sebulan sekali. "Lama perawatan pada setiap individu itu berbeda-beda, karena ada yang kasusnya berat dan ada yang ringan. Selain itu, keberhasilan perawatan ini tergantung pada kerjasama antara pasien dengan dokter," kata wanita yang gemar memasak dan main piano itu.

Menurutnya lagi, faktor terpenting yang harus diketahui sebelum memutuskan untuk menggunakan behel adalah cara Anda makan. "Sebaiknya saat masa perawatan harus menghindari makan yang keras atau makan buah yang digigit langsung oleh gigi," imbuhnya.

Uniknya, pemilihan warna dan bahan juga sangat beragam sesuai dengan keinginan Anda. Tetapi tentu saja harga yang dikeluarkan pun relatif lebih mahal dari biasanya. Bagaimana, tertarik?